Monday, June 29, 2015

Akomodasi di Tokyo Jepang

Tokyo mungkin sering kita dengar sebagai salah satu kota di dunia dengan biaya hidup yang tinggi baik dari segi akomodasi, transportasi, dan makan. Harga akomodasi tidak dapat dipisahkan dari harga lahan yang mahal sehingga Tokyo memang semahal di Paris. Ukuran kamar pun tergolong mungil untuk ukuran orang Indonesia apalagi orang Amerika dimana lahan luas dan harga yang relatif lebih murah. Mungkin ukuran kamar di Tokyo rata-rata seluas kamar mandi rumah premium di Indonesia. 
Kamar apartemen Tokyo

Masalah akomodasi, akan jauh lebih murah jika pergi dengan 4-6 orang (jumlah genap) sehingga bisa share harga dormitory room dan harga per orang lebih murah. Jika ada alokasi dana lebih untuk hotel maka harga sekitar Rp 800 ribu untuk dua orang bisa menjadi pilihan walaupun ukuran kamar nya sangat sempit. Harap maklum karena harga lahan di Tokyo sangat mahal. Perlu diperhatikan bahwa turis dari seluruh penjuru dunia mungkin akan datang saat musim semi (Maret-April) sehingga reservasi hotel perlu dilakukan lebih dari dua bulan sebelumnya.



            Jika ingin mencoba sensasi tinggal bersama orang Jepang maka anda dapat mencoba situs www.airbnb.com tetapi ada risiko pembatalan dari pihak tuan rumah (host) bahkan menjelang kedatangan anda. Saya pribadi tiga kali mencoba menginap lewat airbnb dan untungnya aman tidak ada pembatalan. Hanya sekali pembatalan setelah sehari sebelumnya diterima oleh host karena adanya double booking oleh dua orang pada tanggal yang sama. Tetapi tidak menjadi masalah karena pembatalan lebih dari sebulan sebelum kedatangan sehingga masih banyak waktu untuk mencari host lainnya. Saya pribadi lebih menyukai tinggal bersama penduduk lokal karena bisa memperoleh informasi, menambah teman, dan bisa memperoleh fasilitas seperti dirumah sendiri seperti mesin cuci, dapur, microwave, kompor atau WiFi. Jika ingin nuansa alami dan tradisional Jepang dapat tinggal di ryokan. Harga menginap di ryokan dapat sama atau lebih mahal daripada hotel modern tetapi beberapa ryokan memiliki onsen (pemandian air panas alami) sehingga memiliki nilai lebih dan unik dibandingkan hotel modern. Ryokan terdekat dari pusat kota Tokyo sepertinya berada didekat Gunung Fuji yaitu daerah Kawaguchiko. 

No comments:

Post a Comment