Saturday, July 4, 2015

Tiket dan transportasi selama di Jepang

Tiket kereta yang dapat dipilih tergantung dari dimana anda tinggal dan berapa banyak tempat tujuan yang ingin dikunjungi dalam sehari. Jika ingin ke lebih dari dua tempat tujuan maka jelas lebih hemat dan murah jika membeli tiket terusan per hari  (pass) baik jenis Japan Railway (JR) seharga 750 yen yang disebut Tokunai pass milik pemerintah maupun swasta seperti Metro ticket seharga 600 yen. Untuk cakupan wilayah  yang lebih luas dapat dipilih  tiket JR Tokyo Furii Kippu seharga 1590 yen. Untuk wilayah Tokyo dan sekitar nya ke arah Timur, Barat dan Utara dapat membeli tiket JR Kanto Area Pass seharga 8300 yen untuk 3 hari berturut-turut. Tiket ini dapat digunakan hingga ke Gunung Fuji, Kamakura di bagian Selatan Tokyo, Yokohama city, hingga Tochigi Perfecture di Utara Tokyo. Anda bisa merasakan sensasi naik kereta cepat Shinkansen dengan tiket JR Kanto Area Pass. Walaupun tidak dapat untuk pergi ke Osaka maupun Kyoto.
Tokunai Pass

Single ticket on JR

Tokyo Metro Pass 1 Day

JR Kanto Pass dapat untuk shinkansen terterntu

            Jika anda bepergian seminggu atau lebih dan ingin pergi ke kota selain Tokyo dan menuju ke Eastern Japan maka dapat dipilih tiket JR East Pass seharga 22.000 yen untuk 5 hari dalam jangka waktu 14 hari sejak pemakaian pertama. Untuk tiket termahal dan terlengkap area wilayahnya dapat membeli Japan Rail Pass yang harus dibeli di Indonesia lewat internet. Harga nya 29.110 yen untuk orang dewasa dan 14.550 yen untuk anak-anak dengan durasi 7 hari. Tiket jenis ini dapat digunakan untuk pergi ke Osaka dengan Shinkansen dalam waktu sekitar 3 jam.
Shinkansen

Pose didepan Shinkansen

Gaya didepan Shinkansen

Interior Shinkansen


            Pemilihan tiket pesawat dari Indonesia ke Jepang akan lebih baik jika mendarat di Haneda daripada Narita airport karena lokasi nya lebih dekat dan harga tiket bus maupun kereta nya jauh lebih murah. Waktu tempuhnya pun lebih cepat separuhnya. Sebagai perbandingan, harga tiket kereta ke Tokyo Station dari Haneda Airport 490 yen tetapi dari Narita mencapai 2000 yen dengan kereta NEX. Waktu tempuh dari Heneda cukup 30 menit tetapi dari Haneda mencapai 80 menit. Setelah sampai di Jepang, jika tidak ingin repot saat akan naik bus maupun kereta maka lebih baik membeli kartu SUICA atau PASMO di stasiun kereta karena cukup mendeposit 500 yen untuk jaminan kartunya yang akan dikembalikan uang tersebut saat kartu dikembalikan. 

No comments:

Post a Comment